• Read, Fun, Enjoy, and Share!

    Tutorial Cara Menggambar Manga Ver..2


    Oke,, kita mulai dari mana pembicaraan ini?
    hhei,, sudah lama gak ngobrol-ngobrol lidahku jadi keluh xD

    Pokoknya kali ini aku mau ngasih tutorial gambar manga lagi, hmm.... atau lebih tepatnya dibilang aku mau menunjukkan proses bagaimana aku menggambar ^^
    Yahh.... kalo kalian anggap ini bermanfaat dan bisa belajar dari ini, anggaplah ini tutorial..
    Kalau tidak, yasudah xD

    Sebelumnya aku pernah juga bikin Tutorial Cara Menggambar Manga , terus bedanya apa yah?
    Wkwkwk... tidak tahu,, yang pasti kalau gambar kemarin adalah gambar manga cewek yang di foto pakai kamera beresolusi tinggi VGA hp cina xD
    Kali ini yang ku coba gambar adalah karakter manga cowok yang di foto pakai kamera 2mp tapi lupa ngatur resolusinya xD *bodoh.....

    Baiklah, alat tempur yang digunakan masih sama, yaitu pensil buat yang newbie, atau pulpen buat yang master, atau bisa juga batu kapur buat yang belum mengenal pensil dan pulpen xD.
    Kertas gambar, penghapus dan rautan pensil dan kalau perlu pensil cadangan untuk jaga-jaga pensilnya tercebur ke dasar laut (lagi).. :D

    Ini dia, proses gambar manga oleh ku ^^

    -------------NB : Kalau gambarnya kurang jelas, di klik aja :D --------------

    Menggambar kepala,
    karena postingan lalu sudah dijelaskan jadi bisa di lihat step stepnya di postingan lalu

    Lagi-lagi pada gambar yang sekarang ini, aku tidak memakai skets... alasannya sama, yaitu kelamaan dan ribet. Tapi kalian bisa mencobanya untuk memudahkan dalam menarik komponen-komponen wajah (komponen?),
    Kalau aku sih cukup menggambar poni rambut  aja, seperti yang kujelaskan kemarin, panjang poni rambut menggambarkan lebar keseluruhan wajah, jadi dengan demikian kita lebih mudah mengira-ngira penjang wajahnya dan menempatkan komponen lainnya :D

    Ini contoh model model rambut manga

    Dan ini gambar poninya rambutnya (tebak, dari gambar di atas, ini model yang mana? xD),,
    Gambarnya sebatas poni rambut bagia atas sampai cambang di samping telinga

    Kemudian, gambar garis wajahnya, ukuran dan bentuknya sih sesuka kalian ^^
    Kalau yang ini wajahnya membulat :D

    Udah sampai di situ, lanjut menggambar telinga, kalau model model telinga sudah di upload di postingan sebelumnya. Gambarlah telinga yang sederhana dan mudah dibuatnya, contohnya seperti ini...


    Kemudian, gambar matanya..
    Mata itu begian penting di manga (menurutku xD), jadi gambar mata yang bagus membuat gambar manga kita keseluruhannya terlihat bagus


    Selalin itu, mata juga menunjukkan ekspresi karakter manga yang kita buat.
    Coba tebak dari mata di atas ekspresinya apa???.......

    Baru deh buat wajah dan sekalian ekspresinya,,


    Yups! Ini ekspresi orang yang sedang berteriak. Kebesaran mulutnya? Hha, kurasa tidak... ini normal untuk sebuah manga yang ber-ekspresi xD <---------- kebanyakan nyontoh karyanya Oda

    Buat gambar mulutnya, pertama dari sebuah garis batas mulutnya (bibir).
    Gambarlah gigi atas dan bawah seperti di atas, khusus gigi bagian atas perlihatkan juga bagian gigi belakang/graham supaya terkesan kamera (kamera?) menyorot dari depan sedikit ke bawah.
    Selain itu gambar juga bagian gusinya (biar lebih menarik aja)

    Lalu pertegas / perjelas gambarnya


    Sekarang masuk ke jurusan body....
    Beda dengan kemarin yang bodynya pas digambar langsung dipakaikan baju, (secara gambar cewek)..
    Sekarang agak sedikit dibuka,
    Jreeng.....
    Koq segitu doang?!!
    Iya, soalnya mau ngegambar sampai bahunya doang xD (troll...)
    Ehehehehe,, gambar lehernya terus bahunya. Gambarnya skets dulu, soalnya ini cuma sebagai batas lebar tubuhnya aja..
    Oya, gambar juga garis - garis dibawah leher itu sebagai tonjolan tulang.

    Masih dalam goresan pensil, gambar  sketsa sebagai gambaran bajunya...
    Kalian bisa liat-liat desain baju Anime yang bagus dari google, karena desain bajunya itu menuntut sejauh mana kreatifitas dan imajinasi kita...
    Yang satu ini, desain standar yang kubuat




    Selesai di situ, buat garis vertikal dari ketek ketiak sebagai batasan baju (masih sketsa)


    Ok Stop.....
    Kenapa itu dibuat sketsa dulu? karena kita akan menggambar tangan....
    Nah kan jelek kalau tangannya cuman menjulur kebawah atau ngumpet dibelakang badan? (Iya ngax?)
    Bagusnya kalau tangannya berada ke depan badan, oleh sebab itu, skets tadi nantinya sebagian akan dihapus.

    Aku berencana membuat tangan itu memegang sebuah pedang, dan begitulah posisi tangannya..
    Ku akui membuat tangan termasuk jari-jarinya memang agak rumit, dan kebetulan gambarnya lagi posisi menggenggam.... Lebih mudah dari posisi jari yang lentik xD

    Ini, kalau kalian mau buat pakai model jari sedang melakukan hal lain


    Model jarinya sedang ngapain bukanlah yang tersulit, yang paling sulit justru bagai mana caranya menggambar posisi jari dari sudut pandang tertentu, (depan, kanan, kiri, dsb.)

    Oke, lanjut......
    Lebih bagus dan lebih realistis kalau dengan ekspresi teriak dan membawa pedang, si-doi kita bikin lari-lari...


    Masih dalam bentuk skets, saat posisi berlari, kita buat satu kaki maju kedepan dan satu kaki ada di belakang (bukan dua-duanya kedepan lho,,,, emangnya pocong? wkwkwkwkwk.....)


    Oya, rambutnya kan belum dibuat....
    Sekarang saatnya,,,, Nah yang ini kembali ke kesukaan masing-masing....
    Aku buat rambutnya kayak gini ^^


    Selanjutnya, kita menebalkan garis......
    (kurasa bagian ini gak perlu dijelaskan :D)


    Dan,,,,,, ini bagian yang paling ku suka....
    Mengarsir!!!.....
    Mengarsir untuk mendapatkan tekstur, kecerahan, serta memungkinkan terlihat perbedaan warna,, walaupun yang kita gunakan hanya satu warna (baca=hitam)

    Oleh sebab itu kita mesti memperhatikan di mana bagian yang terkena bayangan, atau yang mesti terkena cahaya...



    Dan terakhir adalah FINISHING !
    Sebenarnya yang satu ini tidaklah penting dan hanya sebuah keisenganku belaka....
    Jadi tidak perlu dilihat xD
    Serius, ini kan optionalitas.... hehehe









    --------------------------------------------------------------
    OK SUDAH,,,,,,
    TERIMA KASIH TELAH MEMBACA !!
    --------------------------------------------------------------












    Tuhkan, gambarnya jadi kacaw =.="



    6 komentar:

    1. Mantaphh boz.. q juga pemula.. boz terbitin juga donk cara mengarsir.. q bisa tp tak tau tempatnya.. bingung jadinya??? THX~

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya deh, nanti kalo ada waktu luang dibahas.... ^^

        Hapus
    2. Wah yang versi 2 + Expansion Pack udah keluar nih :)
      btw makin keren aja tutorialnya,,, resepnya apa sich?

      BalasHapus
    3. Keren....
      Tpi jika d lihat2 lgi, kyk'a kmu jga ada kmajuan dlm mnggambar...
      Ng.. Rhasia'a apa..? Ksi tw ea...?

      BalasHapus
    4. Heheemmm.....!, Lumayan Buat refrensi.. Siip dah maju truss..!

      BalasHapus

    Semoga artikel saya dapat bermanfaat untuk semua ^_^

    Komentar di sini Tanpa verifikasi kata, Jadi jangan nge-spam yah...
    Tulis aja komentarnya di sini. Anda ramah, saya lebih ramah ^_^
    Saya menunggu komentarnya lho....

    Cara Berkomentar :
    Beri komentar sebagai
    1. Google Account, LiveJournal, WordPress, OpenID dll : Jika memiliki akun tersebut
    2. Name/URL : Bagi yang tidak punya akun tsb DISARANKAN gunakan nama dan URL. URLnya bebas asal jangan link jebakan batman karena akan langsung di delete
    3. Anonymous : Tidak Disarankan

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

     

    About Me

    Foto Saya
    Hai, Salam Kenal...... Saya masih baru di dunia blog tapi saya akan berusaha untuk share sebisaku tentang Apa yang saya tahu.. Mohon dukungannya yah, dan mari kita berbagi dan berteman ^_^
    Naruto Uzumaki Maple Story

    Blog Info


    Ping your blog, website, or RSS feed for Free free counters SEO Stats powered by MyPagerank.Net