• Read, Fun, Enjoy, and Share!

    Anime VS. Serial Indonesia Mana yang Bagus?



    ---------------------------------------------------------------------------------------
    PERHATIAN !
    INI ADALAH LANJUTAN DARI POST SEBELUMNYA
    YANG TERLANJUR OOT
    DISARANKAN BACA DULU POST SEBELUMNYA 
    AGAR BISA DI MENGERTI
    ---------------------------------------------------------------------------------------


    Di Anime, kalian lebih suka yang mana? Masih banyak kok Anime-Anime yang dikhususkan untuk kalangan Anak-anak seperti Doraemon, P-Man, Kiteretsu. Ninja Hatori. ataupun Lets and Go. Tapi bisa di tebak, anime ringan seperti itu banyak tidak di sukai remaja. Tetapi Anime untuk remaja gak seluruhnya buruk koq!
    Di samping kekerasan sana-sini, masih banyak banget hal positif yang bisa di ambil di bandingkan serial indonesia, seperti perilaku jujur, suka menolong, persahabatan, dan yang lebih menonjol adalah tidak pernah putus asa / pantang menyerah. Lihat saja contoh karakternya di anime-anime yang sudah tayang di Indonesia seperti Naruto, Luffy, dkk.



    Jika diperhatikan, kebanyakan plot cerita dari Anime adalah seperti ini (http://devatta.blogspot.com)
    “Tokoh utama muncul dengan memiliki kemampuan khusus yang tidak disadarinya, memiliki teman dekat yang loyal. Memiliki seorang penggemar yang mencintai tokoh utama. Tokoh utama memiliki cita-cita untuk menjadi “orang yang hebat”. Muncul musuh, kemudian tokoh utama bertarung dengan musuh dan kalah. Dia berlatih untuk menjadi lebih kuat dengan semangat “tidak pantang menyerah” untuk mengalahkan musuh tadi. Tokoh utama menjadi lebih kuat dan akhirnya bisa meraih cita-citanya.
    Tidak percaya dengan plot tersebut? bandingakan dengan anime yang terkenal yang pernah tayang di Indonesia seperti Capten Tsubasa, Naruto, Slam Dunk, Shoot, dll. Meskipun plotnya “sama” tetapi cara membungkusnya menarik sehingga tampak tidak membosankan.

    Nih aku kasih Contohnya :
    1. 
     One Piece : Berawal dari Luffy yang tidak sengaja memakan buah "gomu-gomu" sehingga memberikan kekuatan yang tidak biasa pada dirinya, kemudian nyawanya di selamatkan oleh Shanks yang mengorbankan tangannya demi menyelamatkan Luffy. Dialah yang kemudian menginspirasi Luffy  untuk menjadi bajak lau yang hebat dan berpetualang di lautan. Kemudian Luffy bertemu dengan orang baru yang dijadikan crue sekaligus teman-temannya. Petualangannya diwarnai oleh persahabatan, bahkan nilai persahabatan begitu terasa bahkan untuk sebuah kapal yang telah rusak dan akan ditinggalkan. Dengan semangat tinggi dia terus berjuang dan melawan musuh-musuhnya dan berusaha untuk menjadi raja bajak laut dan menemukan One Piece

    2. 
    Naruto : Hidupnya sungguh tidak terduga, ketika sesosok Monster Kyuubi tak terkalahkan di segel ke dalam tubuh Naruto yang masih bayi. Hal itu membuat sosok Naruto yang masih anak-anak di jauhi dan dikucilkan oleh orang lain, tetapi Naruto tetap semangat dia terus berusaha mendapat perhatian orang lain, Naruto bercita-cita untuk menjadi Hokage, ninja terkuat ia masuk ke sekolah ninja dan ia menemukan sahabat. Namun salah satu sahabatnya pergi meninggalkan Konoha, desanya. Karena Naruto masih menganggap Sasuke sebagai sahabatnya dan orang yang penting bagi hidupnya, ia berusaha untuk mencari dan membawa sasuke pulang. Petualangannya sebagai ninja dan perjuangannya mencari sasuke membuat Naruto selalu berlatih dari hari ke hari dan untuk meraih cita-citanya sebagai Hokage

    Tuh dua contoh di atas inti plotnya sama, tapi dikemas secara berbeda hingga menjadikan kisah yang benar-benar berbeda dengan jalan cerita yang benar-benar beda hingga tidak ada kata bosan dan gak ada kata "malas ngikutin ceritanya, toh udah ketahuan tamatnya Luffy jadi raja bajak laut dan menemukan One Piece, dan Naruto jadi Hokage". Itu baru dua contoh, masih ada ratusan Anime lagi yang gak mungkin aku ceritain..
    Kenapa bisa beragam? Karena setiap penulis manga punya gaya cerita yang berbada, punya ide dan pengetahuan luas dan membuat ceritanya menarik dan terus di Ingat, kalo gak percaya baca 10 Fakta Unik di Balik "Bendera" One Piece .Si penulis begitu kreatif, bahkan ada bagian di tengah cerita masih berhubungan dengan di awal cerita di buat, sehingga terkesan si penulis benar-benar membuat ceritanya dengan memikirkannya secara matang-matang!
    Coba bandingkan dengan sinetron indonesia yang gitu-gitu aja, Ada cowok dan cewek.. Awalnya musuhan, kemudian jadi temenan, saling suka.. Terus ada masalah, jadi musuhan lagi, balikan lagi, masalah lagi.. Demikian seterusnya sampai retusan episode.. 
    -_____________-

    Gak di situ aja, dari Mas Agus Sinetron Indonesia tuh gak jauh sama yang namanya Perebutan warisan, kisah cinta si kaya dan si Miskin, dan yang paling sering adalah Kisah tertukar atau hilangnya anak yang pada akhirnya akan bertemu lagi dengan orang tuanya. Setuju ?

    Walaupun kalian bilang itu mah sama aja kayak Plot Anime, TAPI ironisnya di serial "made in indonesia" ini memiliki jalan cerita dan adegan yang hampir sama di setiap sinetron berbeda

    Nih, kalo gak percaya di bawah ini adalah tentang adegan-adegan yang hampir selalu muncul dalam setiap sinetron Indonesia. Jadi pasti anda sudah tidak asing lagi jika anda adalah penikmat sinetron Indonesia :D

    1. Adegan cewek yang menyiram pacarnya dengan air minum karena kepergok selingkuh dengan wanita lain (adegan ini biasanya berlangsung di Restoran) 
    2. Adegan orang yang menghentikan sebuah pernikahan. Biasanya ketika penghulu bertanya pada para saksi, "Sah para saksi?", tiba tiba ada tokoh lain yang berteriak "Tunggu!" Untuk menggagalkan pernikahan (Basi) 
    3. Adegan sedih saat seorang cewek atau cowok sedang ditimpa kemalangan, trus lari keluar rumah (Biasanya turun hujan sampe basah-basahan, biar dikira melas kali ya?) 
    4. Adegan tokoh utama yang sedang mencari tokoh lainya (pacar, ayah, ibu, atau orang lain yang disayanginya) namun belum ketemu, padahal sudah berada di jarak yang dekat, entah karena si tokoh tidak melihat, atau pandanganya tertutup angkot (biasanya gitu sih) 
    5. Adegan tokoh utama cowok yang dengan mudahnya bisa menang jika berkelahi dengan penjahat walaupun dikeroyok (Padahal di awal cerita tak ada adegan si tokoh utama cowok belajar pencak silat) 
    6. Adegan tokoh yang berteriak kaget "APA......?" saat diberitahu ada anggota keluarganya yang kecelakaan (emangnya ga ada ekspresi lain ya selain "APA...?") 
    7. Adegan kecelakaan yang goblok, udah tahu mau ada mobil atau motor yang nabrak bukanya lari atau menghindar malah cuman berdiam diri nutupin mata sambil berteriak. 
    8. Adegan penjahat yang lagi lari-lari ngejar tokoh utama lalu berhenti sejenak cuma buat teriak "Hoee Jangan Lari loe!" (kalo cuma mau bilang begitu ngapain pake berhenti segala, udah tahu dikejar penjahat kok malah disuruh berhenti, ya tentu aja gak mau... Hahahahahah Koplak bener ya!) 
    9. Kalo ada firasat buruk atau terjadi sesuatu yang gawat (biasanya si tokoh utama kecelakaan atau kenapa), maka akan ada tokoh utama yang lain yang menjatuhkan gelas trus gelasnya pecah deh 
    10. Pada awal cerita, si cewek sama si cowok musuhan. tapi akhirnya malah saling jatuh cinta.....Kalo yang ini super basi. Seperti yang ku bilang tadi Awalnya musuhan, kemudian jadi temenan, saling suka.. Terus ada masalah, jadi musuhan lagi, balikan lagi, masalah lagi.. Demikian seterusnya sampai retusan episode.. -_____________- 

    Terlebih dari pada itu, yang terpenting adalah pesan untuk terus semangat pantang menyerah dan menjalani hidup tanpa mengeluh apapun cobaan dan rintangan yang hidapi harus tetap tegar. Itulah yang harus di contoh produk dalam negrii dalam memberikan tontonan berkualitas.

    Coba perhatikan dua gambar ini,


    atau






    Keduanya sedang dihadapkan dalam kesulitan dan di timpa masalah, tetapi yang atas lebih dalam keadaan sekarat.....
    Mana yang lebih bagus?

    ^_^


    24 komentar:

    1. yup... yang penting alur ceritanya diperkuat walaupun kebanyakan ceritanya yang happy ending...
      sinetron NO anime YES... yohooooooo...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Emang pro anime juga nih gan? :D

        Hapus
    2. jangan lupa jerapah-kun klo anime/manga endingnya tidak terburu-buru dan ceritanya diperdalam menjadi akhir cerita yg bagus, meskipun gak buru2 tamat anime tetep memberi cerita yg makin seru dan buat penasaran. Klo sinetron endingnya mudah ditebak, trus klo misal sinetron itu udh gak banyak yg nonton langsung buru2 ditamatin dgn cerita yg masih menggantung

      BalasHapus
      Balasan
      1. bener banget mif u-23, klo sinetron mah tergantung yang ngiklan... masih laku lanjut sampe ratusan episode, udah gak laku langsung aja ditamatin walaupun endingnya gak nyambung alias gantung... hahaha... payahhhhhh... yohooooo...

        Hapus
      2. Hohohoho....
        sedelapan sama kalian berdua... ^_^
        Sama kayak sinet cinta pitri, walau tembus beberapa seasion kalau era-nya sudah berakhir.. yasudah produser buru2 tamatin.. :D

        Hapus
    3. Kurangi Sinetron, Banyakin Anime!!!!
      Hehehehe..
      Tpi aku ykin skrng ANAK BANGSA INDONESIA PECINTA MANGA/ANIME sdang blajar membuat MANGA/ANIME yg gx kalah mnarik'a dngan SINETRON YG ITU2 AJA.
      AKU CINTA BANGETZ ANIME!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ya kalau bisa jangan mengatasnamakan Anime, karena anime milik jepang.. Tapi buatlah animasi yang punya khas Indonesia, misalnya petualangan seseorang mengelilingi nusantara untk mencari peninggalan sejarah yg hilang.. di setiap daerah ada saja rintangannya sperti masuk ke hutan, melawan setan, di kejar segerombol orang da*ak, sampai memburu paus..
        Dan yang jelas kalau animasi pertualangan gitu dan sasarannya remaja, seenggaknya punya character yg wujudnya gak seperti upin-ipin atau krisna tapi lebih jelas proporsi & anatominya

        Hapus
      2. Aye!!!!
        Aku kan Berusaha!!!!!

        Hapus
    4. ha haa. . . pengen banting aja tu TV. semuanya dalam TV penuh dengan sinetron KOPLAK.

      mending ane ke warnet aja, nonton TV Anime Jepang.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Walau ceritanya gak jelas dan muter-muter kenapa masyarakat Indonesia masih doyan sinet ya?
        aku sih sebenarnya gak peduli semua stasiun TV dipenuhi anime semua atau enggak, tapi aku cuman kesal waktu itu ada acara Anime yg bagus berhenti tiba2 dan jam tayangnya diganti sama sinetron... -_-
        dikira sinet lebih bagus apa dari pada anime yg dihentikan itu?

        Hapus
    5. Balasan
      1. Iya mkasih dukungannya sama post ini gan.. :D

        Hapus
    6. adegan-adegan yang hampir selalu muncul dalam
      setiap sinetron Indonesia, ITU BNER BANGET!

      Itu mah kyaknya kejadian wajib.
      Ane pingin bisa buat anime... Tapi, gambar aja msih blum bner TT.TT

      ANIME!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Aku pernah gambar manga yg udah jadi komik,,
        cuma satu buku sih, tapi bukan manga sendiri hanya doujin.. itu adalah komik versi sendiri dari manga yang udah beredar,,
        Ya, namanya juga belajar ^^
        Dan juga agan jangan nyerah gan... tetap semangatt!!

        Hapus
    7. bener banget gan SETUJU ane...!!!!!
      Mending nonton anime dari pada sinetron... hahahahaha :D

      BalasHapus
    8. wah gan ane betah ama tulisannya ^^ sayangnya ane kelahiran 99, baru sempet nonton anime pas jamannya bleach ama naruto baru ditayangin -___- ah iri sama lahiran 80-an

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ya sekarang emang bukan eranya lagi kita nungguin anime, tapi mengejar anime.. contohnya kayak baca komik/manganya atau download episodenya

        Hapus
    9. Hidup Anime
      hahahahaha

      Katakan tidak pada Sinetron

      BalasHapus
    10. Memang Indonesia cuma bisanya Sinetron aja..
      Perebutan wrisan la,Cinta"an......
      Beh,bikin bengak aja.
      Kalau anime kita bisa berimajinasi,jadi mlatih otak kita..

      ....Amine Lover

      BalasHapus
    11. betul juga tuh
      anime yesss

      BalasHapus
    12. wkowkwo gw paling gk suka sinetron aneh

      BalasHapus
    13. yg luffy dong...

      soalnya yg gambar mikir "akan ku buat animie ku terkenal".

      kalo yg sinetron, pasti mikir "asik, udah syuting mau beli apa yah? baju, sendal, kalung, mobil... blablabla..."

      BalasHapus
    14. Kalau aku lebih suka lihat Anime Jepang daripada Sinetron Indonesia
      Selain banyak pelajaran hidup.... Juga banyak adegan yang membuat tertawa..
      Dengan Humor humor Garing yg disajikan....
      Untuk Anime Jepang memang TOP dech....
      Tapi bukannya aku enggak sayang ma Indonesia tapi di Indonesia Serial yang banyak di tampilkan adalah Sinetron yang ceritanya memmbosankan dan ceritanya soal percintaan.... terus yang tentunya gak baik untuk anak anak...
      Makasih ya kak Infonya...

      BalasHapus
    15. gimana kalau jadwal tayangnya selang seling dengan sinetron jadi habis anime langsung sinetron dst :)

      BalasHapus

    Semoga artikel saya dapat bermanfaat untuk semua ^_^

    Komentar di sini Tanpa verifikasi kata, Jadi jangan nge-spam yah...
    Tulis aja komentarnya di sini. Anda ramah, saya lebih ramah ^_^
    Saya menunggu komentarnya lho....

    Cara Berkomentar :
    Beri komentar sebagai
    1. Google Account, LiveJournal, WordPress, OpenID dll : Jika memiliki akun tersebut
    2. Name/URL : Bagi yang tidak punya akun tsb DISARANKAN gunakan nama dan URL. URLnya bebas asal jangan link jebakan batman karena akan langsung di delete
    3. Anonymous : Tidak Disarankan

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

     

    About Me

    Foto saya
    Hai, Salam Kenal...... Saya masih baru di dunia blog tapi saya akan berusaha untuk share sebisaku tentang Apa yang saya tahu.. Mohon dukungannya yah, dan mari kita berbagi dan berteman ^_^
    Naruto Uzumaki Maple Story

    Blog Info


    Ping your blog, website, or RSS feed for Free free counters SEO Stats powered by MyPagerank.Net