Melanjutkan post sebelumnya M.U.G.E.N Game yang Bebas di Setting Apapun ,
1. Gimana cara masukin Char?
pertama2 download dulu Char yg diinginkan, kamu bisa mencarinya di situs2 Mugen yg menyediakan download Char, tapi untuk saat ini, cobalah download Char dibawah ini sebagain tutorial agar mudah menjelaskan
sudah di download? setelah selesai bukalah dengan Winrar atau 7zip, lalu Extract ke folder "chars" di Mugen, itu adalah tempat menyimpan Character, setelah selesai bukalah folder "chars" lalu buka folder Character (Fox) yg sudah didownload
setelah melihat isinya, perhatikan nama file Notpad dgn format .DEF yg ada di folder character yg telah didownload (Fox.DEF)
PENTING! Nama file*.DEF dengan nama Folder tempat file*.DEF harus sama
Contohnya: "Fox.def" foldernya harus bernama "Fox" (tanpa tanda kutip)
Fox. . . .ingatlah nama file.def yg ada di folder Character, setelah itu buka folder "data"
lalu buka file select.def yg ada disana dengan Notepad, lalu cari bagian seperti ini
;Insert your characters below. kfm, stages/kfm.def kfm720, stages/kfm.def ;----------------------- |
seperti ini. . .
;Insert your characters below. kfm, stages/kfm.def kfm720, stages/kfm.def Fox ;----------------------- |
close Notepad lalu Save, setelah itu liatlah hasilnya, klo berhasil maka dalam game akan tampak seperti ini. .
berarti Char telah sukses ter-install, dengan begitu Char telah siap dimainkan
2. Gimana cara masukin Stage
sama seperti Char, downloadlah Stage yg kamu inginkan, situs2 Mugen juga menyediakan Stage untuk didownload, untuk percobaan, downloadlah Stage dibawah ini. . .
setelah didownload, Extractlah ke folder "stage" di Mugen, setelah selesai cek file yg telah kamu download, lalu lihat nama file. DEF dan diingat
setelah itu bukalah folder "data" dan buka lagi file select.DEF dengan Notepad
lalu cari bagian seperti ini, tepat dibawah kamu menaruh Character
;----------------------- [ExtraStages] ;Put extra stages here. They will be available in VS and Watch modes. ;For example, you can insert "stages/mybg.def". stages/stage0-720.def ;--------------------------------------------------------------------- |
;----------------------- [ExtraStages] ;Put extra stages here. They will be available in VS and Watch modes. ;For example, you can insert "stages/mybg.def". stages/stage0-720.def stages/LionPal.def ;--------------------------------------------------------------------- |
dengan begitu Stage telah sukses di-instal dan siap untuk dimainkan
Tips :
ada cara untuk memasukan Stage khusus untuk Character tertentu, tujuanya adalah agar ketika bermain di Arcade, ketika kamu melawan suatu Char maka stage yg muncul adalah stage yg dikhususkan untuk character tersebut
misalnya : ketika kamu melawan Ryu di Arcade, maka stagenya secara otomatis adalah Tenkaichi Budokan, bukan yg lain
caranya, cukup buka select.def di folder "data" dengan Notepad, lihat bagian kamu menaruh character. . .
;Insert your characters below. kfm, stages/kfm.def kfm720, stages/kfm.def sf4_ryu ;----------------------- |
apabila kamu hendak memasukan stage "Tenkaichi Budokan" maka tulislah seperti ini. . . .
;Insert your characters below. kfm, stages/kfm.def kfm720, stages/kfm.def sf4_ryu, stages/dbz_tenkaichi.def ;----------------------- |
3. Gimana cara masukin Sound/Music?
cara ini cukup mudah, cukup pindahkan Sound yg kamu inginkan dalam format .mp3 ke folder "sound" di Mugen
Sound/Music dapat dimasukan sebagai Background Stage, Background Versus, Background awal dan lain-lain
untuk menambahkanya sebagai Music Background ketika Versus, Character Select dan lain2 maka bukalah folder "data" dan buka system.def dengan Notepad, cari bagian seperti ini. . .
;---------------------------- [Music] ;Put a filename for a MOD, MP3 or MIDI here, or just leave it ;blank if you do not want music. If an invalid filename is ;given, then no music will play. ;To play mymusic.mp3 from the sound/ directory, put: ; title.bgm = sound/mymusic.mp3 ;Music will continue to play between screens if the files names ;are the same, and both BGMs are specified to loop. ;Music to play at title screen. title.bgm = title.bgm.volume = 100 ;volume scaling factor in percent. 100 is default title.bgm.loop = 1 ;Set to 0 to prevent looping title.bgm.loopstart = title.bgm.loopend = ;Music to play at char select screen. select.bgm = select.bgm.volume = select.bgm.loop = 1 select.bgm.loopstart = select.bgm.loopend = ;Music to play at versus screen. vs.bgm = vs.bgm.volume = vs.bgm.loop = 0 vs.bgm.loopstart = vs.bgm.loopend = ;Music to play at victory screen. victory.bgm = victory.bgm.volume = victory.bgm.loop = 0 victory.bgm.loopstart = victory.bgm.loopend = ;------------------------------------------------------------------- |
cukup tuliskan sound/namamusic.mp3
-title.bgm = untuk musik background di Title Screen
-select.bgm = untuk musik ketika memilih Character
-vs.bgm = untuk music background ketika Versus Screen
-victory.bgm = untuk music background ketika menang/Victory Screen
tulis angka pada bgm.volume untuk mengatur suara, 100 adalah default, apabila kurang maka suara akan mengecil dan apabila lebih maka suara akan membesar
bgm.loop untuk mengatur suara akan diulang2 atau tidak, tulis "1" untuk membuat suara berulang
setelah itu close Notepad lalu Save
Note :sekedar saran, klo bisa untuk select, vs dan Victory.bgm gunakan Sound yg berdurasi amat pendek karena hanyas sekedar Sound Effect, klo dipasang lagu Mp3 10 menitan pasti jelek
nah sekarang untuk Background Stage. . . .
kamu bisa memasukan Suara/Musik sebagai Background Stage agar ketika kamu bermain di Stage tertentu akan ada Music Background-nya
caranya adalah dengan membuka file Stage yg telah kamu download, contohnya Stage "Tenkaichi Budokan" yg telah didownload, lalu bukalah file.def -nya dengan Notepad, lalu cari bagian seperti ini. . .
;------------------------------------------------------ [Music] bgmusic = bgvolume = 125 ;============================================ |
;------------------------------------------------------ [Music] bgmusic = sound/DragonBall.mp3 bgvolume = 125 ;============================================ |
close Notepad lalu Save, maka hasilnya akan keluar bila kamu bermain
berikut salah satu situs untuk mencari MP3 Game yg cocok sbg Background Stage dll
http://downloads.khinsider.com/game-soundtracks/browse/all |
Cobalah cek Stage yg kamu download, biasanya didalamnya sudah disediakan Sound sebagai Background Stage, jadi tinggal masukan ke folder "sound"
Tips :
sama seperti Stage, kamu bisa memasukan Music khusus untuk Character, dimana ketika kamu melawan Char tertentu di Arcade maka Background Musicnya adalah Music yg telah kamu tentukan, caranya sama seperti Stage, buka select.def dengan Notepad dan cari bagian menaruh Character, lalu tulis di depanya , music= sound/namamusic.mp3 contohnya seperti ini. . .
;Insert your characters below. kfm, stages/kfm.def kfm720, stages/kfm.def sf4_ryu, stages/dbz_tenkaichi.def, music=sound/DragonBall.mp3 ;----------------------- |
sama seperti Char dan Stage, menuliskan nama Music jangan sampai salah, bila tidak sama maka file tidak akan terbaca
Note :
terkadang Background Music suka tidak keluar, entah ini memang berpengaruh atau tidak, tapi penggunaan Spasi pada nama Musik akan membuat file tidak terbaca oleh Game, misal nama music "10 Elegant Summer" terkadang itu tidak terbaca dalam game, maka cukup ganti namanya tanpa Spasi, menjadi "ElegantSummer" maka pasti akan terbaca
----------------------------------------------------------------------------------
nah, apabila sudah mengetahui dasar2 memasukan Character, Stage dan Sound, kamu bisa mendownload lebih banyak lagi di situs2 Mugen yg menyediakanya, namun terkadang disitus2 tersebut tidak langsung mendownload dari situ melainkan dibawa ke situs/blog Author pemilik Char tersebut, masalahnya bila situs tersebut berbahasa jepang atau yg lain atau menyembunyikan Char atau data lain hingga tak bisa diakses, itu adalah tanggung jawab Author, tapi silahkan juga bertanya dsini
ini adalah link untuk mendapatkan Char2, Stage, Screenpack, Font, dll
http://www.mugenation.com/
http://www.mugenguild.com/
http://www.mugen-infantry.net/
http://www.mugencharacters.org
Tambahan, disini bisa download character2 secara rombongan
http://ilham92-cc-sakura.webs.com/mugencharacter.htm
4. Gimana cara mengatur Resolusi?
untuk mengatur resolusi, sekalian juga segala macam Konfigurasi yg bisa diedit, buka folder "data" dan buka file mugen.cfg dengan Notepad
disitu kamu bisa mengatur segala konfigurasi game, untuk merubah resolusi Video cari bagian seperti ini
;------------------------------------------------------- [Config] ;Set the game speed here. The default is 60 frames per second. The ;larger the number, the faster it goes. Don't use a value less than 10. GameSpeed = 60 ;Game native width and height. ;Recommended settings are: ; 640x480 Standard definition 4:3 ; 1280x720 High definition 16:9 ; 1920x1080 Full HD 16:9 GameWidth = 640 GameHeight = 480 ;Preferred language (ISO 639-1), e.g. en, es, ja, etc. ;See -http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_ISO_639-1_codes- Language = "en" |
ganti GameWidth dan GameHeight sesuai yg diinginkan, sudah ada rekomendasi diatasnya untuk mempermudah, namun bisa diatur sesuai selera
5. Gimana cara nambahin Slot Character?
slot characternya terlalu sedikit ya? pengen nambah?
pertama lihat folder "data", disana ada folder "big","mugen1" dan "kfm"
itu adalah tempat menyimpan sistem2 Mugen, dan folder "big" adalah tempat menyimpan sistem dimana didalamnya terdapat 60 slot Character
caranya buka file mugen.cfg di folder "data" lalu cari bagian seperti ini. . .
; Set the motif to use. ; Motifs are themes that define the look and feel of MUGEN. ; This is not accessible in options screen. ; Note: If you install a motif that overwrites system files (not recommended) ; you may need to set the motif line to use data/system.def instead. ; motif = data/system.def ;Use this line if using a motif that overwrites system files. motif = data/mugen1/system.def ;------------------------------------------------------- |
; Set the motif to use. ; Motifs are themes that define the look and feel of MUGEN. ; This is not accessible in options screen. ; Note: If you install a motif that overwrites system files (not recommended) ; you may need to set the motif line to use data/system.def instead. ; motif = data/system.def ;Use this line if using a motif that overwrites system files. motif = data/big/system.def ;------------------------------------------------------- |
maka lihatlah hasilnya, terdapat 60 Slot Character yg bebas kamu isi dengan Character donlotan yg banyak
Ada juga cara nambahin slot charcter dengan mendownload Screenpack dan tentunya download screenpack yang punya slot character banyak lho...
6. How to Add the ScreenPack
pertama donlot Screenpack yg diinginkan, lalu Extract ke folder "data", setelah itu buka folder Screenpack yg baru didonlot dan lihat nama system.def yg ada disitu (biasanya nama file-nya adalah system.def tpi beberapa screenpack menggunakan nama berbeda seperti system10.def, systemabc.def, etc.)
hafal nama system.def yg ada di Screenpack, lalu setelah itu bukan file Mugen.cfg dengan Notepad lalu cari bagian seperti ini
Team.LoseOnKO = 1 ; Set the motif to use. ; Motifs are themes that define the look and feel of MUGEN. ; This is not accessible in options screen. motif = data/system.def ;------------------------------------------------------- [Rules] ;Keep this set at VS. It's the only option supported for now. GameType = VS ;This is the amount of power the attacker gets when an attack successfully ;hits the opponent. It's a multiplier of the damage done. For example, ;for a value of 3, a hit that does 10 damage will give 30 power. Default.Attack.LifeToPowerMul = .7 ;This is like the above, but it's for the person getting hit. ;These two multipliers can be overridden in the Hitdef controller in the ;CNS by using the "getpower" and "givepower" options. Default.GetHit.LifeToPowerMul = .6 ;This controls how much damage a super does when you combo into it. ;It's actually a multiplier for the defensive power of the opponent. ;A large number means the opponent takes less damage. Leave it at |
Team.LoseOnKO = 1 ; Set the motif to use. ; Motifs are themes that define the look and feel of MUGEN. ; This is not accessible in options screen. motif = data/KOF/system10.def ;------------------------------------------------------- [Rules] ;Keep this set at VS. It's the only option supported for now. GameType = VS ;This is the amount of power the attacker gets when an attack successfully ;hits the opponent. It's a multiplier of the damage done. For example, ;for a value of 3, a hit that does 10 damage will give 30 power. Default.Attack.LifeToPowerMul = .7 ;This is like the above, but it's for the person getting hit. ;These two multipliers can be overridden in the Hitdef controller in the ;CNS by using the "getpower" and "givepower" options. Default.GetHit.LifeToPowerMul = .6 ;This controls how much damage a super does when you combo into it. ;It's actually a multiplier for the defensive power of the opponent. ;A large number means the opponent takes less damage. Leave it at |
setelah itu coba permainan lalu liat hasilnya semoga membantu
terimakasih
BalasHapusTrims kk infonya ^^/
BalasHapusthx gan
BalasHapus