• Read, Fun, Enjoy, and Share!

    Robot - Robot Pintar Menyerupai Makhluk Hidup


    Generasi Robot, Mungkin itulah yang nantinya akan terjadi dan kita saksikan di dunia ini. Entah kapan, tapi yang pasti dunia lambat laun akan berubah. Seiring dengan kemajuan teknologi yang tiada habisnya, terus berkembang dari waktu ke waktu, manusia terus menciptakan hal baru yang dapat mempermudah pekerjaan mereka, atau hanya sekedar teman atau gadget semata.
    Satu hal yang saat sudah mulai banyak dikembangkan adalah Robot, sesuai yang dikatakan di atas robot adalah ciptaan manusia yang tujuannya dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, Dan robot - robot yang di ciptakan untuk meniru perilaku hewan atau makhluk hidup lain.
    Jangan senang dulu, Lalu apa jadinya jika justru malah robot yang mengambil alih dunia? Ingat dengan film Doraemon The Movie yang judulnya Labirin Kaleng? Mungkin kira - kira seperti itu jika robot dapat jadi lebih pintar dari penciptanya, manusia. Entah, Hanya Allah yang tahu......

    Nah berikut ini, adalah beberapa Makhluk Robot Hidup (Atau bisa kukatakan Robot - Robot Pintar Menyerupai Makhluk Hidup) yang telah sukses di ciptakan


    Robot Kucing Dream Cat Venus

    Ini adalah Robot Kucing ciptaan Sega Toys yang menyerupai boneka tapi bukan boneka biasa. Ini dia yang dinamakan Dream Cat Venus. Kucing tiruan ini akan bereaksi ketika Anda elus ataupun sentuh selayaknya kucing biasa. Tentu Anda tak perlu kerepotan untuk memberikan makanan, karena binatang tiruan ini tentunya tak membutuhkan makanan asli.


    RoboDog Anjing Robot Terpintar


    RoboDog adalah penemuan dan kemajuan terbesar bagi robot hewan peliharaan. RoboDog dengan panjang 80cm, tingi 65cm, dan tebalnya 35cm, sama ukurannya dengan Labrador dan beratnya lebih dari 12kg. Desainer Inggris berkata bahwa RoboDog lebih canggih dibandingkan dengan robot anjing dari Jepang. Didalam hewan peliharaan elektronik terdapat enam mesin, computer, dan kameravideo yang befungsi sebagai matanya. RoboDog dapat bermain bola, menaiki tangga, mengibaskan ekor, dan berbaring seperti anjing yang sesungguhnya. Selain itu RoboDog juga dapat melambaikan dan berjabat tangan. Baterai RoboDog bertahan selama 90 menit dan kemudian pergi tidur.


    Robot Laba-Laba dari Kondo Kagaku

    Kondo Kagaku pembuat robot dari Jepang telah meluncurkan robot laba-laba baru dengan enam kaki dan bentuk yang lebih mirip laba-laba, terutama ketika si laba-laba menghentakkan kaki di atas meja.
    .
     

    Robot laba-laba ini memiliki kode model KMR-M6 dan ditargetkan untuk para penggemar robot, peneliti /edukasi, dan orang-orang yang ingin menakut-nakuti orang lain juga bisa hehe.
    Masing-masing kakinya memiliki dua motor servo ICS KRS Kondo-2552HV  – satu untuk rotasi horisontal dan satu lagi untuk gerakan vertikal. Bot ini tampaknya memiliki ground clearance maksimum sekitar 4 inci.


    Robot Lebah Robot Mata-Mata Cerdas
    Sebelumnya pihak Harvard, perusahaan robot lebah ini sendiri telah berhasil menerbangkan robot lebah dengan program khusus yang ditanam di dalamnya. Dengan eksperimen baru ini diharapkan nantinya dengan adanya kerjasama antara NSF dan Harvard akan membuahkan hasil yaitu sekawanan robot lebah.
    Tujuan pembuatan robot ini adalah agar bisa menghasilkan robot yang bisa terbang dengan ukuran kecil, selain itu hemat energi. Dengan adanya sekawanan robot lebah ini nanti akan dapat digunakan di medan pertempuran atau untuk mengintai karena tentu dengan robot berukuran besar dan tak bisa terbang, hal ini tak bisa dilakukan dengan begitu saja. Rencananya untuk dapat membuat robot ini bekerja dengan baik, dibutuhkan setidaknya waktu selama 5 tahun mendatang untuk bereksperimen. Hmmmm, cukup lama juga ya, tapi semoga saja dana begitu besar tidak akan sia-sia nantinya.

    SmartBird Robot Burung Camar Festo yang Mampu Terbang Seperti Burung Asli

    Mencengangkan melihat inovasi teknologi yang ada pada SmartBird yang merupakan burung robot yang bisa terbang dengan gerakan hampir persis burung aslinya dan model burung ini memiliki kualitas aerodinamis yang sangat baik dan kelincahan ekstrem seperti burung yang normal. Dengan SmartBird, Festo si pembuatnya telah berhasil dalam menguraikan kemampuan penerbangan burung ke dalam teknologi yang bisa kita manfaatkan.
    Tetapi jika Anda berpikir tentang implikasi yang lebih besar dari Robot ini, kemungkinannya cukup mencengangkan: Bayangkan sebuah pesawat robot mata-mata berbasis pada teknologi ini, dikemas dengan sistem GPS yang ultra-ringan, baterai yang kuat dan kamera presisi tinggi dan mikrofon. Jenis data surveilans rahasia yang bisa dikumpulkan burung robot ini tentu akan mengesankan – dan lebih bergaya dari setiap perangkat drone mata-mata lain di luar sana.


    Robotic Fish: robot ikan pertama di dunia yg mirip asli



    Yang anda lihat diatas bukanlah sebuah ikan kakap merah yang besar atau apapun namanya yang baru saja ditangkap dan akan digoreng karena ikan tersebut adalah robot ikan pertama di dunia yang bentuknya hampir menyerupai aslinya.

    Robot ikan (robotic fish) dengan berat sekitar 7 kg ini dibuat oleh Universitas Kitakyushu, Jepang.


    Robot ikan ini berenang dengan menggunakan sirip dan ekornya layaknya sebuah ikan dan dapat berenang selama sekitar 1 jam 20 menit bila baterai dalam keadaan penuh.

    Atlas dan Cheetah, Robot Militer yang Tangguh

    Mungkin ini masih sebuah permulaan, tapi apa yang telah dilakukan oleh militer Amerika tersebut boleh jadi merupakan suatu awal terobosan yang besar. Ya, bagaimana tidak, kabarnya militer Amerika telah menugaskan produksi robot tentara bipedal dan berkaki empat yang bisa berlari lebih cepat dari manusia

        .

        Pengembangannya sendiri berada di bawah naungan Maximum Mobility and Manipulation program milik Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Selain diperuntukkan bagi keperluan militer dan perang, robot-robot ini juga bisa digunakan untuk bidang-bidang yang lainnya seperti pertanian, pemadam kebakaran, maupun layanan darurat.

        Sejauh pengembangan yang sedang berlangsung, kabarnya robot Cheetah mampu kuat berjalan dalam kondisi apapun. Selain masih mengeluarkan suara yang bising, robot ini ternyata juga hanya mampu berlari di bawah kecepatan yang diharapkan. Dan bahkan Marc Raibert selaku President Boston Dynamic sendiri, menegaskan kalau untuk mencapai kesempurnaan tampaknya robot tersebut masih memerlukan waktu.

    Sementara itu, robot Atlas yang memiliki dua buah lengan, dua kaki dan dapat berjalan tegak  mirip seperti prototip anthropomorphic Petman yang pernah ada sebelumnya. Robot jenis ini didesain untuk menyelip ke ruangan yang sempit dan menggunakan tangannya untuk bergerak cepat pada medan yang terjal.


    Mabel, Robot "Atlet" Tercepat di Dunia dengan Kecepatan 10.9 KM/Jam

    Para peneliti dari University of Michigan Amerika berhasil menciptakan sebuah robot yang diklaim menjadi robot tercepat di dunia. Mabel, nama robot tersebut mampu bergerak dengan kecepatan 10.9 km/jam, mengalahkan robot Toyota dan ASIMO yang masing-masing hanya mampu bergerak dengan kecepatan 4.3 km/jam dan 3.7 km/jam.
    Dilansir dari Kompas.com, robot ini memiliki kemampuan berlari yang cukup cepat berkat desain fisiknya yang menyerupai karateristik manusia. Misalnya robot ini memiliki rangka badan yang lebih berat dibandingkan dengan kaki, serta hubungan antar rangka dan alat gerak yang bisa dikatakan mirip dengan tendon di tubuh manusia.
    Dalam sebuah video yang beredar bebas di Youtube, robot tersebut mampu mengayunkan kaki dan gerakan naik turun tubuh yang benar-benar mirip manusia.


    Nash - Robot Singapura yang Diklaim Salah Satu Robot Tercerdas di Dunia

     

    Para ilmuwan di Nanyang Technology University (NTU) Singapura mengklaim bahwa mereka telah berhasil mencipatakan robot yang bisa melakukan pekerjaan rumah tangga. Robot dengan nama Nash tersebut dapat memanjat tangga dan mengenali obyek, seperti cangkir atau sebuah apel.
    Bentuk robot ini hampir menyerupai bentuk fisik manusia. Dengan tinggi 1,8 meter, Nash bahkan diklaim sebagai salah satu robot dengan tingkat kecerdasan tertinggi di dunia.
    Sebutan sebagai salah satu robot dengan tingkat kecerdasan tertinggi di dunia bukanlah isapan jempol belaka. Selain dapat menaiki tangga, Nash juga bisa merespon perintah verbal, seperti ‘ke sini’ atau ‘pergi ke ruang 101′.




    Referensi :
    http://www.google.com

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Semoga artikel saya dapat bermanfaat untuk semua ^_^

    Komentar di sini Tanpa verifikasi kata, Jadi jangan nge-spam yah...
    Tulis aja komentarnya di sini. Anda ramah, saya lebih ramah ^_^
    Saya menunggu komentarnya lho....

    Cara Berkomentar :
    Beri komentar sebagai
    1. Google Account, LiveJournal, WordPress, OpenID dll : Jika memiliki akun tersebut
    2. Name/URL : Bagi yang tidak punya akun tsb DISARANKAN gunakan nama dan URL. URLnya bebas asal jangan link jebakan batman karena akan langsung di delete
    3. Anonymous : Tidak Disarankan

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

     

    About Me

    Foto Saya
    Hai, Salam Kenal...... Saya masih baru di dunia blog tapi saya akan berusaha untuk share sebisaku tentang Apa yang saya tahu.. Mohon dukungannya yah, dan mari kita berbagi dan berteman ^_^
    Naruto Uzumaki Maple Story

    Blog Info


    Ping your blog, website, or RSS feed for Free free counters SEO Stats powered by MyPagerank.Net