• Read, Fun, Enjoy, and Share!

    Akibat Perubahan Smart Menjadi Smartfren


    Wah udah beberapa hari gak update blog, ada beberapa komentar yang belum ku reply, bukan karena saya malas...
    Tapi memang situasi koneksi-ku tidak mendukung, kali ini saya akan membahas tentang provider Internet yang sedang ku gunakan, yaitu Smartfren......
    Ada benyak sekali komentar mengenai provider yang satu ini, sebagian mengatakan smartfren cepat, smartfren ngebut, tapi sebagian umumnya mengatakan Smartfren lemot, begitu juga saya.
    Saya tidak asal bicara tanpa bukti, Saya waktu itu berkunjung ke sebuah blog yang sedang membahas provider Smartfren ini, blognya hebat, pengunjungnya banyak, dan komentatornya juga banyak (itulah yang di harapkan oleh semua blogger),
    Ajaibnya dari 174 komentar, hanya satu dua orang yang mendukung Smartfren....... Tidak tahu kenapa bisa begitu, komentatornya yang bermasalah, papan ketik keyboardnya yang bermasalah, blognya yang bermasalah, atau emang dari pihak Smartfren sendiri yang nyari masalah?

    Saya pribadi mengapa menggunakan Smartfren, karena :
    1. Korban Iklan (Siapa yang tidak tertarik dengan Slogan anti lelet dan I hate slow?)
    2. Harga modemnya yang sangat murah, bayangkan harga modem smartfren AC682 cuman 199rb dengan tulisan 299rb yang di coret (Wah saya pikir ini sedang promosi, makanya saya langsung beli tanpa pikir panjang sebelum harganya naik lagi ke 299rb -_-)
    3. Dulu saya pernah menggunakan SMART di hp lama saya ZTE C261, di kasih kuota 1 TB untuk 3 bulan (Puas - puasin dah tuh 1 TB) yang memang benar sangat lumayan cepat, download di Opera Mini tanpa nunggu dulu sebelum benar - benar melakukan download (ngerti 'kan maksud saya?) dan saya bisa download untuk mengisi memory card kembali hingga 300MB dalam sehari dari Opera Mini yang gara - gara waktu itu ke format......
    Tetapi ketika kali ini saya ingin mencoba kembali Smart yang sekarang sudah menjadi Smartfren saya merasakan pebedaan yang benar - benar menonjok..

    1. Paket dan Harga berubah
        Harga berubah drastis, menjadi lebih baik.... Lebih baik bagi Smartfrennya yang dapat untung berlimpah, tapi mencekik pelanggannya....

    Ketika namanya masih Smart
    1. tarif tanpa paket 0,275/kb2. untuk paket yang harga Rp. 140.000/ bulan unlimited (gak pake kuota)
    3. kenceng banget (donlot game 500 Mb cuma 15 menit)
    4. banyak bonusnya, bonus 15hari internetan setelah isi pulsa 50rb

    Sekarang ketika Smart bergabung dengan Fren
    1. tarif tanpa paket Rp.1/kb
    2. untuk paket yang harga 150.000 / bulan pake kuota (kuota 12 Gb)
    3. lelet banget
    4. buat yang berpikir masih dapat bonus kalo isi pulsa, siap siap aja 50rb nya abis sebelum 15hari, artinya jangan harap dapat bonus kalo isi pulsa

    2. Banyak situs - situs yang sulit di akses, terutama situs luar
        Saya rasa untuk hal ini, bukan karena situsnya yang sedang maintenance, tapi emang karena speed modem smartfren saya yang tidak kuat untuk mengakses situs disana...
    Saya memang pengguna paket Smartfren regular, saya sih berharap bisa setidaknya tidak terlalu cepat tapi stabil saja.. Dengan koneksi max.158 kbps, sekiranya dapat membuka sebuah halaman web yang beratnya 1MB sekitar 6-7 detik. Tapi kenyataannya lebih hebat melebihi yang saya perkirakan, malah sampai-sampai baru 2 DETIK langsung TERBUKA HALAMAN CONNECTION WAS RESET, NO DATA SENT, CANNOT CONNECT TO THE INTERNET ? Atau paling bagus 5 menitan lebih,  baru bisa di buka halaman web yang di maksud...
    Parah bukan?

    3. Koneksi EVDO sering idle atau 0,00 kbps
        Yup, inilah penyebab utama gagal koneksi di atas..... Browser sedang kerja keras untuk menyambungkan ke Internet, nih modem malah enak - enakan tidur. Parah lagi, ketika download di IDM atau Update Antivirus, saya lihat di modemnya ada simbol Zz yang artinya koneksi sedang tidur, atau tidak di gunakan.... dan terlihat di sana koneksi Idle 0,00 kbps. Akhirnya downloadnya pun gagal berantakan.....



    Sekarang saya lebih suka mengkoneksikan dengan CDMA 1x dan Hybrid di banding dengan koneksi EVDO yang sangat parah......

    4. EVDO Rev.B juga tidak memuaskan dan CSnya tidak Friendly
        Walaupun saya bukan pengguna EVDO Rev. B dan belum pernah memakainya tapi saya percaya kalau koneksi EVDO rev. Belum sesuai dengan yang di janjikan. Untuk menikmati EVDO rev. B full 15,7 Mbps, anda harus merogoh kocek yang cukup mahal, dengan membeli modemnya yang sudah mahal dan membeli paket Internetnya yang memang mahal,
    Kalo mau yang unlimited (tanpa kuota) dengan kecepatan 14,7 Mbps anda harus beli paket unlimited premium 90rb/bulan dan bayar PremiumBooster3 seharga 10.000/hari
    Kalo dengan harga segitu, anda belum bisa mendapatkan hasil maksimal, anda patut lapor ke CSnya (Customer Servicenya) tapi paling - paling jawabannya sama :
    Sehubungan dengan keluhan yang Bapak sampaikan mengenai kendala akses data, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Dapat kami informasikan untuk kualitas akses data akan dipengaruhi oleh kondisi jaringan, perangkat, jumlah pengguna pada waktu dan lokasi yang sama serta jenis dan ketebalan bahan bangunan di lokasi penggunaan. Bapak dapat lakukan kembali untuk akses data internetnya secara berkala. Terima Kasih atas kepercayaan Bapak terhadap produk Smartfren.
    Tapi dengar - dengar yang bukan gosip bukan pula kabar burung, harga PremiumBooster berubah, dan ditambah FUP! FUP adalah sesuatu yang sangat di benci maniac download, karena FUP sendiri adalah batasan akses Internet perhari, jadi Apabila kita menggunkan akses internet melebihi FUP dalam sehari, maka kecepatan Internet kita akan di turunkan.



    Lihat tuh, Dari gambar di atas untuk paket Premium Booster masing-masing paket Booster juga menggunakan FUP yang berbeda. Untuk Premium Booster 1 berlaku FUP harian 200 MB, Premium Booster 2 berlaku FUP harian 500 MB dan Premium Booster 3 berlaku FUP harian 1 GB. Semua paket Premium Booster setelah FUP kecepatan akan turun menjadi up to 512 Kbps.

    FUP harian sebesar 200 MB, 500 MB dan 1 GB sangat - sangat pelit!! FUP sangat sedikit dan cepat habis jika di pakai download. Apalagi jika anda hobi download file-file besar dan menggunakan modem Rev.B. Dengan membeli paket Premium Booster 3, saya rasa 1 GB akan cepat habis hanya dalam beberapa jam saja jika dipakai untuk download. Lagian sangat tidak mungkin jika anda membeli paket Premium Booster hanya untuk browsing-browsing saja, pasti tujuan anda ingin mendownload file di internet yang mungkin berukuran besar, bisa jadi lebih dari 500 MB.

    Tapi menurut pengamatan saya, semakin lama Smartfren semakin ‘nglunjak’. Sudah dapat banyak pelanggan tapi kualitas malah diturunkan. Mungkin tarif atau harga masih tetap tapi fitur dikurangi. Mungkin ini wajar kali ya. Apa Smartfren mengalami kerugian dengan deberlakukannya tarif lama kali ya? Kalau rugi sih tidak benar tapi kalau untungnya kurang besar baru benar. Yang paling nyesek itu, saat baru membeli modem Smartfren AC682 pertama - tama koneksinya memang benar benar cepat dan ngebut, tetapi setelah 3 bulan ini, jadi sangat menyebalkan bahkan ketika saya coba - coba beli volume based untuk 1 hari xD, Mungkin maksud dari Smartfren sendiri supaya kita bisa beli modemnya tiap bulan tiap gratisannya habis biar barangnya cepat laku xD

    26 komentar:

    1. janji manis itu belum tentu menjadi terrealisasi dgn manis, benar2 miris

      BalasHapus
    2. mif 2-23?@ Iya, itulah manusia..
      terkadang yang di lisankan tak sesuai dengan yg ada hatinya,,

      BalasHapus
    3. kadang jerapah tak seindah lorengnya

      BalasHapus
    4. Smart memang lebih bagus saat sebelum bergabung jadi smartfren

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya gan,, ane juga turut berduka atas penggabungan smart-fren ini....

        Hapus
    5. bner gan, ane setuju dngan tulisan ente

      BalasHapus
      Balasan
      1. Maklum lah, namanya orang indonesia.
        ada yg berpotensi lebih untung, pasti di ambil

        Hapus
    6. iya! Bete bgt nih aku jg jd sering idle. Padahal dulu lumayan bgus ga sengeselin skrg. . Huft

      BalasHapus
      Balasan
      1. iya emang nyebelin,,
        apalagi kalo lagi ujan,, parahhh......
        paling langsung buka gam offline aja xD

        Hapus
    7. hahaha... gara2 smart gabung ama fren koneksinya jadi ga ngebut lagi/ga smart lagi+tarif tambah mahal... emang dasar nih smartfren lelet... harusnya mereka malu sama iklannya sendiri... biar ga tidur koneksinya coba di ping aja ke google atau ke mana ke yang penting g dc...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Tetep aja gan, kalo di ping tapi RTO mulu gmana??

        Hapus
      2. iya bener juga sih... dari kemarin ampe sekarang koneksi smart saya juga lelet nih (lokasi bandung)... bikin jamuran aja... untung aja ga sampe struk.... hahahahah...

        Hapus
    8. ada sih pikiran buat cerai... tapi belum ada dana buat cari "istri" baru dan sepertinya "istri" yang sekarang masih lebih baik daripada yang ada diluaran walaupun yang terbaik dari yang terburuk.... hahahhaha...

      BalasHapus
    9. Sangat berguna sekali nih informasinya salam kenal gan moga sukses trus...

      BalasHapus
    10. Sangat bermanfaat nih ilmunya salam kenal gan...

      BalasHapus
    11. Mkasih banget nih informasinya salam kenal gan...

      BalasHapus
    12. Senasib gan..., ni modem dibanding aha tidak ada apa2nya..

      BalasHapus
    13. oooo selamat menjalankan puasa romadhon gan

      BalasHapus
    14. Terlalu Banyak Kartel Di Negeri Ini26 Agustus 2012 pukul 22.02

      Ini gan penyebab PT smart telecom "jatuh", Kurangnya dukungan pemerintah ane rasa untuk internet murah. Yang banyak berkuasa ya para "kartel" :(. ( ane denger2 dulu pajaknya disamain sama GSM klo ga salah ).
      _http://www.jpnn.com/read/2011/02/21/84915/Smart-Telecom-Janji-Bayar-Tunggakan-Pajak.copas

      BalasHapus
    15. (SMArTFREN USeR >>> STaK Di SEDAng MEMpersiAPkan muLAi GAMe <<< PoINtBLAnk). INI TERJAdi SEMENjaK POInt bLANk MaINTENANce SELASA KEMAreN

      armstrong_product@yahoo.co.id

      BalasHapus
    16. modem apapun sama saja bro,,karena saya pernah baca artikel di Yahoo koneksi internet Indonesia adalah koneksi terlambat se Asia Tenggara..

      BalasHapus
    17. tetep aja bagi saya bukan smartfren penjahatnya,tetapi pemerintah gan'jika biaya oprasional,pajak,sarana & prasarana mendukung,udah bukan mimpi lagi kecepatan 14.7 pasti bisa kita rasakan (penghasilan besar & pengluaran besar) dalangnya tetap pemerintah.rumah rubuh bukan karna kusen,jendela atau langit2nya melainkan pondasinya

      BalasHapus

    Semoga artikel saya dapat bermanfaat untuk semua ^_^

    Komentar di sini Tanpa verifikasi kata, Jadi jangan nge-spam yah...
    Tulis aja komentarnya di sini. Anda ramah, saya lebih ramah ^_^
    Saya menunggu komentarnya lho....

    Cara Berkomentar :
    Beri komentar sebagai
    1. Google Account, LiveJournal, WordPress, OpenID dll : Jika memiliki akun tersebut
    2. Name/URL : Bagi yang tidak punya akun tsb DISARANKAN gunakan nama dan URL. URLnya bebas asal jangan link jebakan batman karena akan langsung di delete
    3. Anonymous : Tidak Disarankan

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

     

    About Me

    Foto saya
    Hai, Salam Kenal...... Saya masih baru di dunia blog tapi saya akan berusaha untuk share sebisaku tentang Apa yang saya tahu.. Mohon dukungannya yah, dan mari kita berbagi dan berteman ^_^
    Naruto Uzumaki Maple Story

    Blog Info


    Ping your blog, website, or RSS feed for Free free counters SEO Stats powered by MyPagerank.Net